7 Tips Menulis Instagram Caption untuk Keperluan Bisnis

Salah satu tips membuat bisnis lebih berkembang adalah dengan cara menulis Instagram caption yang menarik perhatian serta menonjolkan nilai brand. Ini sangat penting dan bahkan harus selalu dilakukan dengan mematuhi tips postingan sehingga bisnis dapat makin maju.

Jika kita melihat fungsionalitas Instagram, memang ini hanya aplikasi yang menonjolkan foto dan video. Banyak yang menilai kualitas foto dan video yang menarik dapat membuat jumlah audiens semakin bertambah. Tetapi kini, bukan hanya visual yang penting, tulisan juga.

Instagram Caption
source unsplash

Di samping kenyataan orang akan melihat postingan foto atau video dulu, setelahnya apa yang akan mereka lihat adalah tulisan caption. Ini dapat menjadi tolak ukur juga untuk para audiens apa semakin tertarik atau malah kehilangan ketertarikan, sehingga cukup vital.

Saat posting visual juga tidak boleh sembarangan jika ingin jumlah pengunjung yang lebih banyak. Maka dari itu, kami mengajak Anda semua untuk mulai lebih rajin mencari tahu cara menulis caption, terutama untuk keperluan bisnis dan branding produk milik Anda.

Kenapa Instagram Caption Penting untuk Keperluan Bisnis?

Jika Anda masih beranggapan kalau hanya visual yang ditunjukkan adalah satu-satunya nilai penting saat posting sesuatu, maka ini adalah pemikiran yang salah. Caption sangat penting untuk para pengguna Instagram, dan kini muncul profesi yang bergerak menyusun itu.

Baca Juga:   Terbaru! 13 Cara Download Instagram Story Tanpa Aplikasi

Penulis Instagram Caption ini harus bisa berpikir kreatif untuk mendapatkan perhatian dari user aplikasi ini dan yang sedang mengunjungi profil brand Anda. Jika dari segi visual sudah cukup cantik, tetapi saat penulisan caption kacau, maka itu bisa membuat batal tertarik.

Namun apabila visual biasa saja tetapi dari segi penulisan kata bisa menarik perhatian, maka konteks setelah itu adalah audiens Instagram yang berkunjung menjadi jauh lebih besar. Jadi, mereka akan menghabiskan lebih banyak waktu untuk melihat profil brand tersebut.

Jika sudah demikian, maka nantinya akan berefek ke jumlah pembeli barang atau jasa yang Anda tawarkan tersebut. Selain itu, caption yang menarik juga menjadi salah satu bagian dalam algoritma Instagram untuk muncul di bagian Explore milik user instagram global.

7 Instagram Caption yang Bisa Mengundang Lebih Banyak Pengunjung

Menyadari betapa pentingnya caption instagram ini, pasti Anda ingin segera tahu seperti apa caranya untuk bisa menyusun caption seperti brand besar lainnya. Coba saja Anda perhatikan caption di postingan brand besar, pasti akan sadar kalau penulisannya cenderung kreatif.

Hal yang sama bisa Anda gunakan dan menjadikan itu sebagai sebuah inspirasi. Apabila Anda mengerti pentingnya caption tersebut, kami memiliki beberapa metode dan cara menyusun instagram caption hingga jumlah pemakai brand nanti semakin besar, caranya adalah:

1. Tanyakan Pertanyaan

ig ads

Cara pertama adalah tanyakan pertanyaan di caption itu, dan lihat saja respon di kolom komentar jika dibandingkan dengan penulisan caption lain. Jika di caption itu ada pertanyaan, audiens cenderung memiliki keinginan untuk memberi respon.

2. Kalimat di Baris Pertama Sangat Penting

Ketahuilah kalau di kalimat baris pertama adalah yang paling penting. Ini yang akan menjadi tujuan mata audiens saat mengalihkan pandangan dari visual ke instagram caption. Jika kalimat baris pertama menarik, mereka akan lanjut membaca lagi.

3. Gunakan Hashtag yang Relevan

Di kolom caption juga Anda jangan lupa untuk menambahkan hashtag yang relevan dengan tema. Hashtag ini adalah yang diawali simbol “#”. Hashtag berfungsi untuk orang yang sedang mencari sesuatu di Instagram dan menggunakan kata kunci itu.

Baca Juga:   4 Cara Download Story IG Milik Orang Lain dan Tidak Ketahuan

4. Ceritakan Cerita Personal

Di Instagram Caption juga Anda bisa menambah kata-kata pancingan lewat cerita personal. Ini menjadi cara mereka merasa kalau storytelling ini cukup humanis dan kemudian memiliki pandangan yang sama dengan pemilik produk tersebut.

5. Sedikit Humor Juga Boleh

Pasti dari tadi ada saja yang ingin tahu apakah dengan sedikit bumbu humor boleh atau tidak. Untuk jawabannya adalah tentu saja boleh, malah ini membuat banyak audiens yang lebih tertarik untuk melanjutkan scrolling di halaman brand Anda.

Namun jika Anda ingin lebih terlihat menarik coba buat caption instagram keren atau Anda juga boleh gunakan caption instagram aesthetic untuk menarik audience.

6. Yang paling Utama di 65 Karakter Pertama

Selain di kalimat baris pertama, 65 karakter awal adalah yang menentukan. Jika user Instagram tidak tertarik membaca Instagram Caption di 65 karakter awal, maka tidak akan lagi melanjutkan membaca. Ini juga adalah hasil riset media ternama.

7. Perhatikan Teknik CTA

Dan yang terakhir adalah menggunakan teknik, sebuah teknik khusus yang akan membuat brand yang sedang dikembangkan mendapatkan atensi yang lebih besar. Teknik CTA, yaitu Call to Action, yang berarti Anda pakai kata-kata persuasif.

Baca juga: 4 Cara Download Story IG Milik Orang Lain dan Tidak Ketahuan

5 Tips Posting Feeds dengan Instagram Caption Untuk Menarik Pengunjung yang Lebih Banyak

Jika caption sudah mulai lebih bagus dengan cara-cara yang sudah kami berikan tadi, maka kini Anda harus mengerti dulu cara posting yang pasti membuat jumlah pengunjung naik dan respon juga lebih besar. Cari saja teknik posting feeds, dan cara posting tersebut adalah:

1. Post 1 Foto Setiap Harinya

Jika Anda mengejar algoritma Instagram, maka pastikan kalau post setiap hari. Tetapi jangan terlalu banyak, cukup 1 postingan setiap harinya, Instagram akan menganggap kalau user lain pertlu tahu soal brand Anda dan kemudian menaruhnya di explore.

Baca Juga:   Wow, Inilah 8 Cara Download Video IG dengan Mudah!

2. Post Foto di Jam yang Konsisten dan Optimal

Anda juga bisa menarik perhatian user instagram lain dengan posting foto atau video yang sudah ditulis Instagram Caption yang menarik di jam khusus. Jam terbaik dari statistik Instagram adalah di pukul 07.00, 12.00-14.00, dan diantara 20.00-22.00.

3. Bangun Hubungan dengan Audiens Lewat Interaksi

Lagi-lagi soal interaksi, dalam postingan visual juga sebaiknya diadakan sedikit interaksi. Misalnya menyapa di awal video hingga mengadakan persuasif. Dengan teknik ini, postingan akan mendapat respon yang lebih besar dari sebelumnya.

4. Menggunakan Fitur IG Ads

Jika semua teknik sudah digunakan dan ingin memperluas pasar lagi, gunakan IG Ads. Ini adalah sebuah fitur tambahan yang memungkinkan postingan Anda keluar di home user yang tidak follow. Jangan lupa juga siapkan Instagram Caption yang menarik.

5. Sesekali Adakan Live Instagram

Instagram live

User Instagram pasti sudah tahu akan adanya fitur Live Instagram. Fitur ini juga yang bisa digunakan untuk membuat brand yang lebih berkembang. Sesekali boleh adakan live Instagram session dengan para pengunjung sambil memasarkan produk Anda tersebut.

Panjang Instagram Caption yang Paling Ideal

Kami sebelumnya belum menyinggung soal berapa jumlah kata yang ideal untuk ditulis dalam caption. Mengingat kalau terlalu panjang tentu saja akan membuat bosan dan jika terlalu pendek, akan membuat tidak ada artinya. Tetapi jumlah yang pas adalah 1000 karakter.

Jumlah seperti ini tidak akan terlalu panjang tetapi juga pas untuk menyampaikan poin-poin. Instagram sendiri membatasi caption di 2200 karakter.

Tetapi itu akan terlalu panjang, akan terlihat seperti cerita. Batasi saja di 1000 karakter dengan minimal di angka 700 karakter. Dan setelah itu, kami yakin kalau performa postingan Instagram Anda akan makin meningkat.

Mulai dari brand lain yang akan mengajak Anda untuk kerja sama, hingga jumlah pembeli produk juga semakin banyak. Tetapi pastikan Instagram Caption tetap ditulis konsisten. 

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on pinterest

Tinggalkan komentar

Instafolls is a free Instagram followers site and also free likes enhancer.

You just need to login using your fake Instagram account.

Contact

instafolls.com