10 Langkah Mudah Cara Jualan di Tiktok Shop dan Dapatkan Konsumen Secepatnya

Sekarang ini, pebisnis harus mengetahui cara jualan di Tiktok Shop agar bisa mendapatkan lebih banyak konsumen. Pada dasarnya Tiktok merupakan salah satu aplikasi sosial media yang mulai populer karena digunakan untuk menampilkan berbagai macam video singkat di dalamnya.

Aplikasi dirancang oleh perusahaan berbasis teknologi asal Tiongkok dan diluncurkan pada tahun 2016. Tiktok sendiri sudah populer di Indonesia pada tahun 2018 dengan total unduhan mencapai 4 juta. Namun di tahun itu juga, Kominfo memblokir karena aplikasinya dinilai tidak mendidik.

cara jualan di tiktok shop
source pexels.com

Tentu pemblokiran hanya terjadi sementara karena Tiktok mengubah algoritma video dan konten kreator di dalamnya. Pada saat itu, cara jualan di Tiktok Shop masih belum dikenal secara luas. Di tahun 2020, Tiktok menjadi lebih populer dengan total unduhan mencapai 100 juta lebih.

Karena kepopulerannya, Tiktok mulai dikembangkan dengan berbagai fitur menarik di dalamnya. Salah satu fitur yang mencolok adalah Tiktok Shop karena mampu menarik banyak konsumen. Hal ini disebabkan algoritmanya yang simpel karena hanya membutuhkan video singkat saja.

Faktor Penting dalam Cara Jualan di Tiktok Shop

Untuk dapat mengembangkan bisnis kamu, akun Tiktok harus bisa menampilkan video-video yang menarik perhatian warganet. Video bisa saja dibuat unik, menghibur atau konten menginformasi. Tiktok hanya membutuhkan video singkat untuk dapat dinikmati layaknya Instagram.

Namun yang membuat Tiktok lebih simpel adalah cara operasionalnya, karena kamu hanya perlu scroll atau mengusap layar HP. Dengan begitu, kamu dapat melihat berbagai macam konten unik di sana. Faktor inilah yang perlu diperhatikan saat memahami cara jualan di Tiktok Shop.

Baca Juga:   6 Cara Mendapatkan Followers di Tiktok secara Efektif

Untuk menarik lebih banyak konsumen, kamu harus membuat video yang menarik. Saat proses itu dilakukan, kamu juga meningkatkan follower atau pengikut akun Tiktok. Tentu saja ada target yang harus dicapai untuk bisa membuka akun Tiktok Shop khusus untuk e-Commerce.

cara jualan di tiktok shop
source pexels.com

Sebagaimana yang kita ketahui, beberapa media sosial saat ini sudah mengembangkan fitur toko Online. Facebook atau Instagram menjadi contoh utama dengan fitur Market Shop di dalamnya. Sama halnya dengan cara jualan di Tiktok Shop, kamu juga bisa mengembangkan bisnis di sana.

Dengan mengaktifkan Tiktok Shop, kamu sudah bisa berjualan Online sekaligus mengembangkan akun sosial media. Video yang menarik menjadi kunci utama kamu mendapatkan kesuksesan. Jika ingin membuka akun Tiktok Shop, sebaiknya pahami dulu syaratnya sebelum mengaktifkannya.

Syarat untuk Verifikasi dan Mengaktifkan Akun Tiktok Shop

Tiktok memiliki fitur e-Commerce yang bisa digunakan dengan mempromosikan produk melalui konten video. Syarat untuk mengaktifkannya dibagi ke dalam 3 kategori yang berbeda. Berikut ini beberapa syarat yang diperlukan untuk dapat membuka e-Commerce di Tiktok.

Usia Minimal Verifikasi Akun

Sebelum memahami cara jualan di Tiktok Shop, kamu harus aktifkan akunnya terlebih dahulu agar mendapatkan verifikasi dari pusat. Verifikasi ini bertujuan untuk mengetahui data diri pemegang akun Tiktok yang akan digunakan sebagai platform e-Commerce nantinya.

Usia minimal untuk dapat memverifikasikan akun Tiktok Shop adalah 18 tahun. Data diri perlu ditunjukkan agar akun kamu dapat diverifikasi secara langsung. Selain verifikasi, masih ada beberapa syarat lainnya yang harus kamu penuhi untuk membuka Tiktok Shop.

Jumlah Follower

Cara jualan di Tiktok Shop juga menggunakan syarat batas minimum Follower atau pengikut yang diperlukan. Batas minimum untuk membuat akun e-Commerce adalah 7000 Follower. Tentu saja syarat pembatasan ini digunakan untuk mengetahui standar toko.

Baca Juga:   2 Cara Mengembalikan Akun Tiktok yang Hilang dengan Mudah

Jika toko tidak populer atau memiliki konsumen, maka penjualan tidak akan berjalan baik. kamu bisa meningkatkan jumlah pengikut dengan membuat konten video. Selain itu, kamu juga bisa menambahkannya dengan menggunakan promosi atau sistem digital marketing.

Keaktifan Akun Tiktok

Syarat terakhir yang diperlukan untuk dapat mengaktifkan akun Tiktok Shop adalah keaktifan akun selama 28 hari atau 1 bulan terakhir. Cara jualan di Tiktok Shop tentunya tidak akan terlepas dengan keaktifan akun dan jumlah konsumen yang berinteraksi di sana.

Jika kamu tidak memiliki akun yang aktif dalam 1 bulan terakhir, maka fitur Tiktok Shop akan tutup sementara. Batas minimalnya adalah 50 penayangan video dengan total interaksi yang sama. Perlu diingat, agar dapat bisnis berkembang akun harus selalu mengunggah video.

Cara Jualan di Tiktok Shop dengan Mengaktifkan Fiturnya

Ketiga kategori syarat di atas harus terpenuhi untuk bisa mengaktifkan akun Tiktok Shop kamu. Jika semua syaratnya sudah terpenuhi, maka langkah selanjutnya adalah mengaktifkannya. Cara aktifkan akun Tiktok Shop dan berjualan di sana itu sangat mudah, berikut ini caranya.

Cara jualan di Tiktok Shop pertama, kamu harus aktifkan akunnya terlebih dahulu.

  1. Buka aplikasi Tiktok yang sudah ter verifikasi dan memiliki jumlah pengikut minimal 7000
  2. Masuk ke bagian menu profil dan pilih opsi pengaturan di pojok kanan atas
  3. Masuk ke dalam alat kreator untuk mengubah data atau akun Tiktok kamu
  4. Di dalam alat kreator akan diperlihat beberapa data Akun yang bisa diolah oleh pengguna
  5. Pilih opsi Tiktok Shop dan aktifkan akunnya dengan menekan tombol “Terapkan”
  6. Baca Term of Service yang dimiliki oleh Tiktok Shop agar kamu tahu fitur dan layanannya
  7. Lanjutkan proses ke tahap pendaftaran Toko dengan memasukkan informasi brand. Data informasi yang dibutuhkan adalah alamat, nama, nomor telepon, email dan jenis bisnis.
  8. Setelah itu upload foto produk, keterangan dan harga yang akan ditampilkan Tiktok Shop
  9. Lanjut ke tahap pengisian formulir pendaftaran Tiktok Shop untuk memverifikasi akun
  10. Tunggu verifikasi selesai dan Cara jualan di Tiktok Shop sudah selesai kamu lakukan
Baca Juga:   2 Cara Mengembalikan Akun Tiktok yang Hilang dengan Mudah

Ketika sudah mendaftarkan produk ke dalam katalog, kamu hanya perlu melakukan promosi dari Tiktok. Nantinya konsumen bisa langsung membeli produk kamu melalui opsi beli di dalam video. Cara ini dinilai efektif untuk digital marketing karena banyak orang menggunakan aplikasinya.

Keuntungan Menggunakan Cara Jualan di Tiktok Shop

Ada beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan ketika menggunakan Tiktok Shop sebagai platform e-Commerce. Tentu saja keuntungan ini berguna untuk mengembangkan bisnis kamu. Berikut beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan saat menggunakan aplikasi Tiktok.

Terbuka untuk Berbagai Jenis Produk

Tiktok Shop tidak membatasi pengusaha untuk berjualan di dalam platformnya. Segala jenis produk bisa dijual di sana secara bebas dan gratis. Kategori makanan, pakaian, alat dapur atau peralatan lainnya bisa dijual dengan cara jualan di Tiktok Shop yang mudah dan efektif.

Algoritma Penjualannya Efektif

Ketika mengisi keterangan produk, kamu akan diminta untuk memasukkan kategorinya. Nanti Tiktok Shop akan memasarkan konten video ke target yang sesuai dengan jenis produk. Hal ini akan sangat menguntungkan karena arah penjualannya dibuat lebih efektif dan cepat.

Lebih Menguntungkan

Dengan adanya algoritma tersebut, kamu bisa mendapatkan untung lebih banyak. Produk bisa terjual dengan cepat karena diarahkan ke konsumen yang cocok. Tentunya faktor utama agar produknya cepat terjual adalah banyaknya jumlah follower kamu dalam satu bulan terakhir.Ketiga keuntungan di atas sudah membuktikan seberapa efektifnya berjualan di Tiktok Shop. Jika kamu tertarik, langsung saja daftar ke sana karena pendaftarannya gratis. Cara jualan di Tiktok Shop ini diharapkan mampu membantu banyak usaha kecil menengah di masa sekarang.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on pinterest

Tinggalkan komentar

Instafolls is a free Instagram followers site and also free likes enhancer.

You just need to login using your fake Instagram account.

Contact

instafolls.com